Tips Sukses Interview Kerja Online

Interview kerja merupakan tahapan melamar kerja yang kerap dianggap menegangkan oleh pelamar kerja, lantaran harus berhadapan langsung dengan pihak perusahaan.

Di tengah pandemi virus corona, sebagian besar perusahaan menerapkan kebijakan kerja dari rumah alias work from home (WFH). Dengan demikian, tak sedikit interview kerja dilakukan secara online.

Meskipun fakta bahwa Anda tetap di rumah ketika wawancara kerja, ini tentu sedikit menenangkan.

Namun, Persiapkan juga diri Anda dengan baik ketika akan melakukan interview online dengan melakukan beberapa tips berikut ini :

1. Pastikan Jaringan Internet Lancar

Memastikan jaringan internet sudah stabil adalah hal utamyang harus dpersiapkan sebelum melakukan interview online. Gangguan pada jaringan internet bisa benar-benar mengganggu kelancaran interview kerja nantinya.

Jika ragu dengan kestabilan jaringan internet wifi rumah anda, carilah tempat seperti coffee shop yang memiliki jaringan internet yang cepat dan stabil. Khususnya coffee shop yang biasanya tidak terlalu banyak pengunjung tapi anda dapat bisa berbicara dengan tenang selama interview.

2. Mengenakan Pakaian Formal Layaknya Interview Kerja Langsung

Dengan tetap memperhatikan pakaian yang anda kenakan bisa menunjukkan keseriusan dan sikap profesional anda. Jangan pernah berpikiran bahwa interview yang dilakukan secara online anda bisa berpakaian terlalu santai, apalagi jika yang mewancarai anda berpakaian dengan formal. Jadi tetaplah berpakaian secara formal layaknya interview kerja langsung. Ingat penampilan bisa dikatakan sebagai cerminan diri, penampilan anda bisa mempengaruhi penilaian orang lain terhadap anda.

3. Jawab Pertanyaan Dengan Selalu Melihat Kamera

Jangan alihkan pandangan anda dari kamera ketika menjawab pertanyaan interview. Sikap tersebut seakan menatap mata yang mewawancari anda. Selain itu dengan melihat kamera anda bisa mengalihkan pandangan anda dari monitor untuk mengurangi gugup karena tidak melihat si pihak yang mewawancarai anda.

4. Siapkan Tempat yang Mendukung

Tempat yang tidak terlalu ramai dengan suasana yang terkesan rapih merupakan tempat yang ideal untuk melakukan interview kerja online.

5. Perhatikan Volume Suara dan Pencahayaan

Sebelum mulai melakukan perkenalan anda bisa bertanya pada lawan bicara atau yang mewawancarai anda apakah volume suara anda sudah pas atau tidak. Selain itu tanyakan juga apakah pencahayaan ruangan anda sudah cukup.Karena dengan volume suara dan pencahayaan yang tidak pas bisa mengganggu proses interview bahkan hasil interview anda.

6. Pupuk Rasa Percaya Diri

Tumbuhkan rasa percaya diri agar kamu bisa tampil dengan maksimal saat menghadiri interview kerja.Sebab, sebagus apapun penampilan tapi kalau tidak disertai dengan rasa percaya diri, semuanya akan sia-sia. Rekruiter pun ragu untuk merekrut anda sebagai karyawan karena gagal menunjukkan potensi diri anda yang sebenarnya.

7. Kuasai Pertanyaan Umum Interview Kerja

Selain menghafal perkenalan, menghafal beberapa pertanyaan interview yang paling sering ditanyakan juga penting. Dengan mempersiapkan jawaban yang pas untuk pertanyaan-pertanyaan tersebut anda bisa mengurangi rasa gugup anda dan kegagalan pada saat interview.

Contoh pertanyaan umum yang biasa dinyatakan dalam sebuah sesi interview kerja adalah hal terkait profil perusahaan, alasan melamar kerja, alasan berhenti dari pekerjaan sebelumnya, goal untuk diri sendiri 3-5 tahun kedepan dan skill lainnya.

 

@cdcitpln

10-09-2021
CDC