Peluang Kerja Teknik Informatika yang Paling Prospektif…

Di era modern seperti sekarang ini, lulusan program studi teknik informatika memiliki banyak prospek kerja yang menanti mereka.

Nah, memangnya, apa saja peluang kerja yang dapat dinantikan oleh lulusan teknik informatika?

1. IT Consultant

IT Consultant adalah salah satu peluang karier bagi lulusan teknik informatika yang bertugas untuk menerapkan strategi teknologi informasi dalam perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi di sebuah perusahaan.

Secara spesifik, IT Consultant merupakan spesialis yang berfokus dalam proses integrasi teknologi informasi dalam bisnis.

2. Web Developer

Berikutnya, prospek kerja yang dapat dinantikan oleh mahasiswa informatika adalah sebagai seorang Web Developer, Bagi kamu yang belum tahu, Web Developer adalah para pakar yang memiliki spesialisasi dalam bidang pengembangan aplikasi world wide web, atau aplikasi yang dibangun pada HTTP dari sebuah web server.

3. Mobile Application Developer

Mobile Application Developer bertugas untuk membuat, menguji, dan memprogram aplikasi khusus untuk smartphine di berbagai sistem operasi seperti iOS, Android, dan Windows Phone. Maka dari itu, pekerjaan satu ini juga memayungi profesi seperti Android Developer dan iOS Developer.

Jika ingin menjadi Mobile Application Developer. lulusan teknik informatika harus mempelajari bahasa pemrograman dan software development environment untuk platform yang mereka pilih.

4. System Analyst

Prospek kerja berikutnya yang dapat digarap oleh lulusan teknik informatika adalah sebagai seorang System Analyst.

System Analyst sendiri merupakan seseorang yang menggunakan sistem khusus untuk mendesain solusi dalam arsitektur teknologi informasi. Mereka diwajibkan untuk memodifikasi dan mengoptimalkan sistem yang ada sambil mengintegrasi fitur-fitur agar lebih efisien dan produktif.

5. Data Scientist

Prospek kerja yang cukup populer saat ini di kalangan lulusan teknik informatika adalah sebagai seorang Data Scientist. Mereka bertugas untuk mengubah data mentah menjadi informasi yang berharga menggunakan algoritma dan machine learning.

6. Software Engineer

Pekerjaan ini mengaplikasikan prinsip-prinsip pengelolaan dan optimalisasi software seperti analisis teknik informatika dan matematika dalam desain, development, maintenance, hingga testing software komputer atau device lain. Jenis-jenis software yang dibuat oleh seorang Software engineer bermacam-macam, seperti sistem operasi dan network distribution, serta software untuk compiler yang mengkonversi program untuk eksekusi pada komputer.

 

Itulah beberapa prospek kerja lulusan teknik informatik yang paling prospektif. Intinya, alumni jurusan satu ini ditunggu-tunggu oleh banyak perusahaan. Keahlian dan pengetahuan mereka sangatlah dibutuhkan di era modern ini.
Yang perlu diingat adalah untuk terus menggeluti bidang tersebut dengan giat. Dijamin kamu akan sukses dalam pekerjaan jika melakukan hal tersebut.

13-09-2021
CDC