Etika Tempat Kerja

1. Perhatikanlah Penampilanmu Saat di Kantor

Di kantor, penampilan menjadi salah satu hal penting yang patut diperhatikan. Maka kenakanlah pakaian yang formal. Untuk menerapkan etika di tempat kerja ini, ketahuilah terlebih dahulu bagaimana karakteristik kantormu. Kalau kantormu tipikal perusahaan formal. Maka kamu harus mengenakan pakaian yang formal.

Memerhatikan penampilanmu di kantor bisa membantumu menyesuaikan diri dengan budaya kantor, sekaligus menampilkan citra profesionalitasmu.

2. Hormatilah Semua Orang yang Ada di Kantormu

Setiap orang pasti ingin dihormati. Begitu pun dengan semua orang yang ada di kantormu. Untuk itu, cobalah untuk menghormati semua orang yang ada di kantormu. Ada beberapa bentuk penghormatan yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan etika di tempat kerja ini.

Misalnya: bila teman kerjamu sedang sibuk, maka janganlah coba-coba mengganggunya dengan cara mengajaknya mengobrol atau bahkan menjahilinya. Biarkan saja dia memfokuskan diri mengatasi situasi  yang dia alami.

3. Jadilah Pribadi yang Bertanggung Jawab

Bertanggung jawab merupakan sikap positif sekaligus etika di tempat kerja yang baik. Bila ingin kariermu meningkat, maka etika di tempat kerja ini juga patut kamu terapkan.

Ada banyak bentuk sikap tanggung jawab yang bisa kamu lakukan. Misalnya: bila kamu diberi kepercayan untuk mengerjakan suatu project, maka kamu harus bertanggung jawab dengan cara mengerjakan project tersebut dengan sebaik-baiknya.

Kamu juga harus bertanggung jawab juga dengan hasil project yang kamu garap nanti, terlepas hasilnya baik atau malah gagal total. Dan bila gagal total, janganlah cari-cari alasan. Tapi, evaluasilah dan perbaikilah untuk ke depannya.

4. Jagalah Kerapian

Terlepas apa pun pakaian yang dikenakan (pakaian formal atau santai), pastikan kalau pakaian yang dikenakan terlihat rapi di mata orang lain.

Ya, setidaknya jangan terlihat kusut, lah. Jadi, sebelum kamu pakai pakaianmu, pastikan untuk menyetrikanya terlebih dulu.

Hal serupa juga berlaku buat meja kerjamu nanti. Jangan biarkan meja kerjamu berantakan tak keruan.

Tatalah meja kerjamu serapi mungkin, baik sebelum hingga setelah bekerja. Selain terlihat lebih rapi, meja kerja yang rapi juga bisa bikin kerjamu nyaman. Jadi, jangan lupa merapikan meja kerjamu, ya!

5. Pisahkan Kehidupan Pribadi dengan Urusan Pekerjaan

Bila ingin kariermu meningkat, maka cobalah untuk memisahkan kehidupan pribadi dengan urusan pekerjaanmu.

Menerapkan hal ini di tempat kerja memang lumayan tricky. Namun, bukan berarti kamu tak bisa melakukannya.

Untuk menerapkan etika di tempat kerja ini, kamu bisa melakukannya dengan tidak memikirkan kehidupan atau masalah pribadimu saat bekerja.

Jadi, saat tengah sibuk dengan kerjaan, cobalah untuk memfokuskan pikiranmu pada pekerjaanmu.

Janganlah pula menceritakan masalah pribadimu saat bekerja. Apalagi, di depan teman kerjamu.

Dan sebaliknya, jangan pula terlalu sering membahas soal pekerjaanmu di depan kerabat atau orang terdekat di keluargamu.

14-09-2021
CDC