BLKA ITPLN Memfasilitasi untuk Entrepreneur pada Era Digital

BLKA ITPLN – Bagian Layanan Karir & Alumni Institut Teknologi PLN Jakarta menggelar webinar Kelistrikan pada Jumat, 24 Juni 2022, mengangkat tema ”Become Digital Enterpreneuship”. Kewirausahaan digital yang terdiri dari menciptakan bisnis di internet , menjual layanan atau produk secara online tanpa perlu berinvestasi di ruang fisik.

Materi “Become Digital Entrepreneurship” oleh Bapak Sugata Salim, S.Th, M.Ag. M.M, MOS

(Founder Virtualacademy, Entrepreneur) Menjelaskan bagaimana membangun sifat kewirausahaan, semua pengusaha suskses memiliki kesamaan yaitu mereka semua adopsi pola piker kewirausahaan.  Dan cara mengembangkan sifat kewirausahaan yaitu dengan mengabaikan keraguan dan pembicaraan negative, merangkul rasa takut, jangan berhenti belajar , berani mengambil resiko,’ Ujarnya 

Salah satu tantangan berat yang dihadapi oleh bangsa Indonesia dewasa ini adalah adanya jumlah pengangguran yang sangat besar dan senantiasa bertambah dari waktu ke waktu. Meskipun mengurangi angka pengangguran selalu menjadi prioritas program pemerintah, namun setiap tahun angka tersebut sulit dikurangi. Jika pun berkurang, jumlahnya sangat kecil. Dari data jumlah pengangguran yang ada, ternyata penganggur dari kalangan terdidik menunjukkan kecenderungan. Salah satu cara untuk mengurangi pengangguran adalah dengan berwirausaha (entrepreneurship).

Dengan berbagai kemudahan di era digital ini memberi peluang kepada para entrepreneur untuk mengembangkan bisnisnya kearah digital agar lebih banyak dan mudah untuk menjangkau orang di tingkat global sehingga calon konsumen dari berbagai wilayah dapat mengetahui produk yang kita tawarkan. Kelebihan lain dari Digital Entrepreneurship ini memberi kita kemudahan dalam mengelola bisnis dari manapun dan kapanpun asalkan memiliki akses internet. Berdasarkan hal tersebut Institut Teknologi PLN melalui Bagian Layanan Karir dan Alumni (BLKA) mengemas dalam kegiatan Webinar dengan Tema Become Digital Entrepreneurship. (24/6/2022)

“Alhamdulilah, antusias peserta sangat luar biasa. Jumlah peserta kurang lebih 200 orang. Bukan hanya dari kalangan akademisi dan pelajar tapi juga diikuti oleh ragam masyarakat”begitu luar biasanya untuk keinginan peserta dalam materi yang akan disampaikan.Ujarnya

Serta diakhir acara kita diajak bertualang di Museum Listrik dan Energi Baru secara virtual yang di dampingi oleh Nabila Septiana dan rekan-rekan dari pihak museum virtual - TMII, pada kesempatan kali ini kita diajak mengenal bagaimana sejarah dari lisrtik itu sendiri dan menampilkan inovasi-inovasi yang antara lain salah satunya Robot DANCING. 

Museum Listrik dan Energi Baru (MLEB) di TMII merupakan wahana edukasi yang sangat menyenangkan. Kebetulan saya ada seminar disalah satu ruangannya dan saya berkesempatan pula untuk berkeliling MLEB. Segala kisah tentang listrik ada disini. Dari sejarah listrik dimasa lalu, sekarang dan masa depan lengkap dengan diorama yang otomatis aktif ketika kita lewat di depannya. Rasanya saya seperti di lorong waktu. Menembus zaman, dan merasakan betapa besar pengaruh listrik atas kehidupan kita.
Yang terbaru, adalah demo robot menari yang lagunya bisa kita pilih sendiri. Langsung request dan operator yg ramah pun akan memutar musiknya lalu robot akan bergoyang sesuai irama musik. MLEB betul-betul menambah kecintaan saya pada dunia kelistrikan." Ujar salah satu peserta.

29-06-2022
CDC