Tips Memilih Pekerjaan yang Tepat Bagi Lulusan Baru

CDCITPLN - Hai Sahabat karirku, buat kamu calon pekerja yang baru lulus dan masih binggung mau cari kerja, simak saja tips dari kami. tips dari karirku dibagikan untuk membantu bagi para lulusan baru/ Fresh graduate dalam masa pandemi seperti ini lapangan pekerjaan menjadi sulit diperoleh karena terjadinya goncangan ekonomi. 

Berikut tips karirku bagi para lulusan baru atau fresh graduate agar siap memasuki dunia kerja.

1. Kenali diri sendiri

Kenapa kita harus melakukan itu ? dengan mengenali diri sendiri maka kita akan mengetahui passion atau gaya apa yang akan ditekuni dalam dunia kerja, bahkan dapat menggali bakat yang kita miliki untuk menyesuaikan dengan kebutuhan sumber daya manusia yang saat ini sedang dicari bagi penyedia lapangan pekerjaan. 

2.  Lakukan riset pada setiap pekerjaan atau perusahaan 

Nah ini juga penting bagi kalian sahabt karirku dalam hal untuk memilih suatu pekerjaan kita harus mengetahui profile pekerjaan atau perusahaan yang bakal kita lamar. dengan melakukan riset atau penelaahan mendalam untuk memberikan gambaran yang nantinya pekerjaan yang akan kita jalani nanti. sehingga jika nanti para lulusan baru yang telah melakukan riset atau fresh graduate tidak akan kaget dalam mengatasi masalah dunia kerja nantinya. 

3. Buatlah daftar pekerjaan yang kamu inginkan atau sesuai dengan passionmu.

dalam tips ketiga ini sahabt karirku juga penting untuk membuat draf atau daftar pekerjaan yang sesuai dengan keahlian kamu agar selama menjalanin tugas yang diberikan dapat diselesaikan dengan mudah dan sesuai dengan target . 

4. Berfikir Logis 

nah artinya semua hal yang dilakukan agar dapat menuruti keinginan hati dalam mencari pekerjaan sesuai keinginan memang penting tetapi harus juga diiringi dengan pikiran logis mengenai hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dan bisa disesuaikan. jangan sampai sahabat karirku salah dalam mengambil keputusan karena terlalu emosional. 

Sumber : Kemnaker 

11-05-2022
CDC