Keseruan Peserta dalam acara Webinar Public Speaking BLKA SERIES

BLKA News - Salah satu acara rutin yang diselenggarakan oleh Bagian Layanan Karir dan Alumni Institut Teknologi PLN yakni Webinar Softskill yang dilaksanakan pada Rabu (20/7/2022) dengan mengangkat tema “Publick Speaking Berani berbicara didepan umum, Siapa Takut !!!. webinar ini mendapat antusias tinggi dari para peserta Mahasiswa/I, Dosen, Alumni dan Peserta dari Luar ITPLN, hingga pemateri.

Menyadari bahwa public speaking adalah salah satu soft skill yang penting, Bagian Layanan  karir dan Alumni menghadirkan Bapak Yulianto Sumarno (Function Head People Development, PT Nippon Indosari Corpindo Tbk) sebagai Narasumber didampingi oleh Moderator, Ibu Septiannisa Azzahra (Dosen ITPLN) dan MC adalah mbak Zahra Suryani. Dengan di hadiri 175 Peserta yang berasal dari Mahasiswa IT PLN, Alumni beserta peserta Umum.

Acara webinar ini juga dapat dukungan dari PT Nippon Indosari Corpindo menerangkan bahwa kegiatan seperti ini harus sering dilakukan untuk membuka wawasan dan pengetahuan bagi adik-adik mahasiswa/I itu sendiri,” Ujar Anung Priambodo selaku Section Head People Development PT Nippon Indosari Corpindo Tbk.

Diharapkan dapat menambah Pengetahuan dan wawasan dari materi yang diberikan. Banyak teori yang bisa dipelajari mengenai public speaking. Dengan terus berusaha untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan berbicara sehingga dapat menjadi seorang public speaker yang andal, maka seseorang harus terus berlatih. Dengan Berpraktik berbicara di depan umum merupakan salah satu bentuk pembiasaan diri menghadapi penonton. Kita dapat meningkatkan value atau nilai diri kita lebih dari 50% hanya dengan memiliki kemampuan komunikasi, presentasi, dan public speaking yang jauh lebih baik. Warren Buffett, Chairman & CEO Of Berkshire Hathaway.

Bentuk usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan Public Speaking pun beragam seperti menonton video mengenai public speaking di youtube sampai mengikuti pelatihan khusus baik online maupun offline. Banyak sekali public figure yang bisa dijadikan sebagai rujukan dalam belajar public speaking seperti motivator, youtuber, penyiar, bahkan komedian. Tapi hal itu juga harus didukung kemampuan berbicara dan berkomunikasi karena dengan keterampilan (skill) itu materi akan terasa lebih hidup dan tepat sasaran. Kemampuan berbicara di depan umum (Public Speaking) dan presentasi merupakan salah satu penunjang keberhasilan seseorang, terutama saat ini bagi mahasiswa yang akan mempersiapkan siding baik siding magang  maupun siding skripsi Perlu terus untuk dilatih melakukan komunikasi dengan cara menyatakan ekspresi lewat kemampuan presentasi dan berbicara,”Ujar Yulianto.

“Webinar yang bertemakan public speaking ini sangat bermanfaat untuk saya yang memang masih sangat awam untuk belajar public speaking lebih dalam lagi, semoga webinar seperti ini harus cukup sering dilakukan untuk memajukan mahasiswa kedepannya,” Ujar salah satu peserta.

“Kesan saya, setelah mengikuti webinar ini saya memperoleh beberapa tips yang dapat saya lakukan ketika ingin melakukan presentasi atau wawancara saat kerja nnti. dan saya mengetahui bahwa kesan pertama saat melakukan presentasi adalah salah satu hal yang sangatlah penting.

Harapan kami untuk acara webinar Softskill ini bisa menjadi ajang bagi para peserta untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas dirinya sebagai kepribadian yang memiliki karakter yang berkompeten di dunia kerja.

Penulis : AS (Tim BLKA)

21-07-2022
CDC